Aku melihat Indonesia

Mungkin inilah yang disebut tersesat di jagat maya. Saya tak sengaja menemukan sebuah tulisan yang menurut saya cukup menarik. Isinya kegelisahan seorang remaja melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini. Di bawahnya ada video testimoni seorang pramuka. Berikut ini petikan transkrip videonya.

… Sebenarnya kalau menceritakan tentang Indonesia sangat luar biasa. Waktunya pasti sangat panjang menurut saya. Tapi.. kalau teman-teman.. siapapun yang melihat video ini, saya mau mengatakan bahwa Indonesia itu kaya.

Teman-teman pernah mendengar lagu “Tanah Airku”? Lagu “Tanah Airku” itu adalah sebuah gambaran kecintaan kita terhadap Indonesia. Indonesia itu bukan hanya sekadar negara yang memiliki banyak pulau.. bukan hanya negara yang memiliki banyak pemerintahan.. kecamatan, kabupaten, kota, dsb.

Tapi.. teman-teman, saya cuma mau bilang, sekarang ini kalau ngomongin Indonesia saya sedih banget. Banyak hal yang kelihatannya dipelintir, dalam tanda kutip orang-orang, kepentingan, pengen jadi penguasa di Indonesia ini. Ya terserah orang mau berpikir seperti apa, tetapi saya mau mengatakan (di Indonesia) ada ras, ada agama, warna kulit, itu semua adalah kekayaan Indonesia.

Kita itu orang jawa, kita itu orang cina, kita itu orang melayu, kita orang papua, sekalipun kita orang kalimantan atau apapun, itu semua adalah kekayaan Indonesia.

Kemudian.. agama kan ada 6, dan juga ada aliran kepercayaan. Nah, tetapi.. banyak hal orang-orang berpikir bahwa Indonesia itu harus dipimpin oleh satu golongan, agama, atau cukup satu ras saja. Itu yang membuat saya sedih.

Maka.. teman-teman, saya di sini mau mengajak teman-teman semuanya, meskipun 17 Agustus sudah lewat, (hari) Sumpah Pemuda sudah lewat, tapi saya mau mengajak teman-teman semuanya, kita bangkit, kita sadar, bahwa Indonesia membutuhkan teman-teman, khususnya orang-orang muda. Semua itu butuh yang namanya dorongan, butuh yang namanya kesadaran. Dan teman-teman yang mungkin kuliah di Jerman, kuliah di luar negeri, kuliah di Perancis, dll semuanya ayo kita kembali ke Indonesia. Kita bangun sama-sama Indonesia.

Jangan pernah berpikir bahwa Indonesia cuma punya satu golongan, (cuma) punya satu agama, satu kepercayaan, atau juga satu kulit, tetapi Indonesia itu adalah milik semuanya.

Sekali lagi.. teman-teman, kalau teman-teman mau merasakan betapa besarnya nasionalisme, coba teman-teman tutup mata mendengarkan lagu “Tanah Airku” kemudian sambil membayangkan sebuah keindahan Indonesia. Dari bait ke-2 menurut saya itu sangat mengena.

… ke mana pun kamu pergi, ke mana pun kamu jauh, kamu akan merasa bahwa Indonesia adalah negara dan tempatmu …

— dari blog Angely Maria

Lagu Tanah Airku ciptaan Ibu Sud. Petikan transkrip video menit ke-0:12 s/d 2:48. Semoga semakin banyak remaja Indonesia yang kritis dan gemar menulis.

7 thoughts on “Aku melihat Indonesia

Leave a Reply

