Setelah sekian lama bersama Lubuntu, kini saya mencoba mendekati Jessie, salah satu varian terbaru Debian. Meski sama-sama menggunakan desktop environment berbasis LXDE, namun si Jessie sejauh ini terasa lebih ringan dibanding Lubuntu. Entah benar demikian atau tidak, kita lihat saja nanti.

Sebetulnya ini bukan kali pertama saya menggunakan Debian. Setahun yang lalu saya pernah mencoba Wheezy, Debian versi 7.0 di Lenovo Thinkpad E430. Waktu itu saya baru pindah dari Ubuntu 14.04 LTS. Kesan pertama, Debian agak aneh. Saya jadi canggung. Perbedaan yang jelas terlihat adalah soal font rendering. Tampilan font di Debian saat itu lebih mirip tampilan Windows XP versus Windows 7. Selain itu, tampilan GNOME 3 yang baru membuat saya yang terbiasa dengan Unity di Ubuntu jadi semakin canggung. Kalau boleh memilih, saya lebih suka GNOME 2 seperti yang dipakai oleh Ubuntu versi lama. Klasik, sederhana, mudah digunakan.

Debian 8.5 was released June 4th, 2016. Debian 8.0 was initially released on April 26th, 2015. The release included many major changes, described in our press release and the Release Notes.

Contrary to our wishes, there may be some problems that exist in the release, even though it is declared stable. We’ve made a list of the major known problems, and you can always report other issues to us. Debian

Sebetulnya si Jessie masih “labil”, belum stabil benar seperti yang diakui oleh Debian. Meski begitu, saya tetap antusias mencobanya lantaran netbook yang konon memang lambat. Jadi… mulai sekarang saya akan lebih banyak menulis soal pengalaman bersama Jessie LXDE.

Sampai jumpa lagi, Jessie!

Leave a Reply

