Kucing Jujur

Kalau anjing sering digambarkan sebagai hewan yang setia kepada tuannya, maka tidak berlebihan rasanya bila saya sebut kucing sebagai hewan yang menghargai kejujuran majikannya.

Sejak kecil saya memang suka kucing. Banyak cerita yang bisa saya bagi di sini. Kebanyakan memang cerita sedih, tapi tak sedikit pula yang lucu. Kalau ditulis semua mungkin bisa jadi buku. Kucing yang saya maksud bukanlah sejenis anggora atau persia yang banyak disukai orang, melainkan kucing biasa, kucing liar, kucing kampung alias stray cat.

Sebagai penggemar kucing tentu saya hafal sifat-sifat mereka. Ada saja tingkah mereka yang menarik untuk direnungkan, salah satunya soal kejujuran.

Kucing itu ternyata binatang yang titen (jw. hafal). Setiap kali kita keluar buka pintu bawa piring, maka dengan sigap mereka segera mendekat. Dalam benak mereka, ada piring berarti ada makanan. Soal benar ada makan atau tidak, yang penting ikut merapat dulu.

Suatu saat mereka bermain di luar dan mulai bikin ulah. Kalau sudah begini, biasanya saya keluar bawa piring, lantas mereka segera berhamburan pulang. Aman!

Jurus ini memang ampuh. Setiap kali mereka berulah, trik ini saya pakai lagi dan selalu berhasil. Saya sengaja pakai piring, sebab kalau tidak mereka tak bakalan mau pulang.

*

Piring itu saya pakai lagi, kali ini kosong. Setengah mati mereka berlarian pulang sambil membayangkan makanan, eh ternyata cuma tipuan.

Saya sebetulnya kasihan melihat mereka merasa ditipu. Sejak itu meski berulang-kali dipanggil, mereka bergeming seolah tahu bakal ditipu. Menoleh pun tidak. Kalau sudah begini, ya terpaksa dijemput paksa.

PS: in memoriam ‘Dino’ and ‘Tino’..

Dino Tino
Dino (front) and Tino (back). Sleepy in the morning.
Tino, looking through glass window
Tino, looking through glass window
Leave a Reply

