Menyambung tulisan saya sebelumnya soal netbook rasa Ubuntu. Setelah beberapa kali dicoba, saya pikir-pikir proses booting/start sewaktu masuk ke Lubuntu masih terlalu lambat. Saya sedang berpikir untuk menginstall kembali, namun kali ini dengan distro alias varian linux lain yang lebih cepat dan ringan.

Pilihan saya kali ini jatuh pada Debian. Tidak mudah untuk memutuskan pindah ke Debian setelah akrab dengan Ubuntu. Soal alasan mengapa saya pilih Debian, insya Allah nanti saya buat tulisan khusus.

Debian is a Unix-like computer operating system that is composed entirely of free software, most of which is under the GNU General Public License, and packaged by a group of individuals known as the Debian Project. Three main branches are offered: Stable, Testing and Unstable. Wikipedia

Saya menginstall Debian 7.0 (Wheezy) menggunakan startup flashdisk yang dibuat menggunakan Unetbootin. Proses instalasi hampir sama seperti Ubuntu, namun terasa lebih cepat dan ringan. Ya, setidaknya menurut ukuran saya…

Seperti halnya Ubuntu, setelah proses instalasi selesai, Debian otomatis langsung muncul dalam Grub loader sebagai pilihan OS utama. Kesan pertama saat menggunakan Debian adalah cepat dan ringan. Cepat proses booting-nya, juga ringan responnya. Setidaknya ini yang saya rasakan. Saya terkadang lupa kalau yang saya pakai kerja ini adalah NETbook, bukan NOTEbook alias laptop.

Bagi para pengguna Ubuntu Linux, pindah ke Debian tentu bukanlah pilihan yang mudah. Butuh sedikit penyesuaian, juga keberanian untuk mencoba hal baru.

Ada banyak alasan, juga kisah dan pengalaman menarik soal pindah distro ini. Soal ini secara khusus akan saya ceritakan dalam tulisan berikutnya. Insya Allah…

Leave a Reply

