Netbook rasa Ubuntu

Netbook identik dengan perangkat komputer yang lelet alias lambat diajak bekerja. Tapi… tunggu dulu. Bagaimana dengan netbook rasa Ubuntu?

Setahun yang lalu saya pernah menginstall Ubuntu 12.04 LTS pada netbook Asus Eee PC 1225C. Alhamdulillah berhasil. Tapi ya itu… ternyata susah mencari driver grafis/VGA-nya. Tampilannya jadi kurang maksimal. Butuh driver CedarView GMA 3600 dan sedikit trik untuk dapat bekerja dengan baik. Dan setelah berhasil, ternyata kinerjanya pun tak secepat Ubuntu versi serupa di komputer desktop. Meski demikian, saya sempat menggunakan netbook ini untuk bekerja, cukup lama. Lama-lama, terbiasa juga…

* * *

Beberapa hari yang lalu saya penasaran untuk menginstall Ubuntu 13.04 di netbook yang sama. Saya install dari flashdisk. Proses instalasi agak lama, sama seperti ketika menginstall di komputer desktop. Setelah selesai, kinerja netbook ternyata jauh lebih lambat dibanding ketika masih menggunakan Ubuntu 12.04 LTS.

Saya kepingin punya Ubuntu yang bisa bekerja cepat di netbook. Saya agak menyesal mengapa nekat menginstall ulang. Sempat terpikir untuk kembali ke Ubuntu versi sebelumnya, tapi urung lantaran terbayang waktu yang telah (dan akan kembali) terbuang percuma untuk urusan menginstall. Sampai kemudian saya ketemu ini…

You don’t have to do a fresh install just to add a desktop environment, that’s crazy! — Ubuntu forums

Dari hasil pencarian, saya jadi ingat Lubuntu, salah satu varian Ubuntu yang ringan dan memang cocok untuk netbook atau komputer jadul. Saya tertarik, tapi tak cukup berminat menginstall ulang. Netbook sudah terlanjur terisi Ubuntu. Kedua, saya tak punya CD Lubuntu. Ketiga, saya tak punya waktu lagi untuk download file ISO Lubuntu.

Setelah mencari lagi, akhirnya saya menemukan lubuntu-core (lihat di sini), yaitu sekumpulan file inti untuk menginstall Lubuntu.

Berikut ini cara mengubah Ubuntu menjadi Lubuntu tanpa install ulang dari awal (aka fresh install) menggunakan lubuntu-core.

  1. Aktifkan koneksi internet.
  2. Buka terminal (Ctrl+Alt+T), lalu ketik
    sudo apt-get install lubuntu-core
    
  3. Setelah selesai, matikan fitur autologin supaya nanti bisa memilih Lubuntu ketika login.
  4. Restart komputer.
  5. Sewaktu login nanti, jangan lupa klik ikon Ubuntu kecil, lalu pilih Lubuntu.

Sesaat ketika kembali ke desktop Lubuntu, saya kaget. Responnya ternyata cepat sekali, tidak seperti Ubuntu yang saya rasakan sebelumnya. Cepat itu maksudnya, respon mousenya ringan sekali ketika digerak-gerakkan, klik sana-sini memilih menu atau yang lain. Demikian juga aplikasinya, terasa lebih gesit dan responsif ketika dibuka.

Jadi.. kalau anda cuma punya netbook atau komputer jadul dan kepingin pakai linux, silakan coba Lubuntu. Ringan, cepat, mudah.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Download:

Leave a Reply

