Kisah Tanah (2)

Tanah itu sampai sekarang masih belum terjual. Masih ada satu dua calon pembeli yang datang, tapi tidak ada satupun yang cocok. Kondisinya masih sama seperti dulu, kosong, bahkan lebih parah. Banyak rumput dan tanaman liar tumbuh di sana, persis seperti tanah tanpa tuan.

Kami sering ngobrol soal tanah itu. Kenapa sampai sekarang belum laku. Padahal sebagian lahan lain di sekitarnya sudah ada yang terjual.

Kami juga sering berandai-andai, jika tanah itu laku, mau bikin usaha apa. Sempat terpikir bermacam-macam usaha. Pokoknya banyak. Tapi semua itu cuma rencana. Belum ada modal uang di tangan. Tanah itu belum terjual.

Suatu ketika, entah bagaimana, istri saya nyeletuk, seandainya tanah itu laku, uangnya ingin ditabung buat ongkos naik haji. Ini sebuah pilihan yang berat waktu itu. Sebab, jika semuanya ditabung buat naik haji, lantas bagaimana dengan rencana usaha? Pasti juga butuh modal uang.

Singkat cerita, kami akhirnya sepakat soal rencana haji. Uang hasil penjualan tanah itu, jika laku, bakal disimpan buat ongkos naik haji. Titik. Soal bagaimana modal usaha seperti rencana semula, belum terpikir.

Sejak keputusan itu, ada sebuah keajaiban terjadi. Singkat cerita, kami mendapat kabar bahwa ada orang yang berminat dengan tanah itu. Pak Eko namanya, karyawan salah satu BUMN. Seperti biasa, setelah melihat-lihat lokasi, beliau pulang. Belum ada kabar kepastian soal transaksi dsb. Semua berjalan seperti biasa. Kami juga tidak ada perasaan khusus bahwa tanah ini bakal terjual.

Kurang lebih seminggu kemudian, beliau datang lagi memberi kepastian transaksi. Pak Eko tampak antusias sekali. Kami janjian ketemu di bank, lantas meluncur ke kantor notaris untuk membuat akta jual beli tanah. Semua atas biaya dari pak Eko. Alhamdulillah semuanya lancar. Tanah itu akhirnya terjual. []

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s